Tips

Beberapa pertimbangan sebelum mengajukan klaim asuransi kesehatan

Sebelum mengajukan klaim untuk asuransi kesehatan, ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

  1. Pastikan premi Anda selalu dibayar tepat waktu:

Jika Anda memiliki polis asuransi, ada baiknya untuk selalu memperhatikan pembayaran premi yang harus Anda bayar setiap bulan. Pastikan jika Anda selalu membayar premi Asuransi Kesehatan Anda tepat waktu, karena jika sewaktu-waktu Anda ingin mengajukan klaim kesehatan. Perusahaan asuransi akan mencatat polis Asuransi Kesehatan Anda sebagai kebijakan aktif dan Anda mengumpulkan dokumen yang diperlukan.

  1. Perhatikan Periode Aktif Asuransi Kesehatan Anda:

Berbagai perusahaan asuransi umumnya menetapkan masa aktif polis asuransi setelah kurang lebih 30 hari atau 1 bulan. Karena ini jika kita membuat klaim atau perawatan untuk merumahkan sakit sebelum kebijakan kita aktif, kemungkinan itu akan ditolak karena belum memasuki masa aktif kebijakan. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang memiliki polis Asuransi Kesehatan untuk memastikan masa aktif polis Anda sebelum mengajukan klaim.

  1. Memahami Aturan Pengecualian Asuransi:

Dalam polis asuransi ada sejumlah peraturan pengecualian yang harus dipertimbangkan oleh pemegang polis dan tertanggung dalam kasus pengecualian. Secara umum, beberapa aturan pengecualian meliputi:

-Untuk penyakit kritis seperti penyakit jantung koroner dan 34 penyakit kritis lainnya, hanya dapat diklaim setidaknya setelah 6 bulan. Dengan begitu jika kita sudah punya penyakit jantung, kita jangan buru-buru mengklaimnya, cobalah menunggu 6 bulan hingga 1 tahun baru bisa kita klaim.

-Untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya, entah kita tahu atau tidak, perusahaan asuransi tidak akan menanggungnya. Misalnya untuk penyakit bawaan.

-Setelah itu, pastikan kami memeriksa pagu asuransi yang telah disediakan untuk kami. Langit-langit ini berisi biaya pengobatan maksimum yang akan ditanggung oleh asuransi selama kita dirawat. Jika Anda menggunakan biaya perawatan lebih dari yang ditentukan maka Anda harus membayar kembali untuk kekurangannya.